Wednesday, July 11, 2018

Apa itu E-Commerce


E - Commerce



Definisi Electronic Commerce (E-Commerce):


  • E-commerce merupakan suatu tindakan melakukan transaksi bisnis secara elektronik dengan menggunakan internet sebagai media komunikasi yang paling utama (Robert   E .Johnson)
  • E-commerce berhubungan dengan p’jualan, p’iklanan, pemesanan produk yang semuanya dikerjakan melalui internet. (Gary Coulter & John Buddemeir)
  • Kemampuan untuk melakukan bisnis secara elektronik melalui komputer, Fax, telepon dsb. (Donna Perry)

Ruang Lingkup E-Commerce 
  • Electronic Business, merupakan lingkup aktifitas perdagangan secara elektronik dalam arti luas
  •  Electronic Commerce, merupakan perdagangan yang dilakukan secara elektronik, mencakup :
           -      Perdagangan Via internet

  -      Perdagangan dengan fasilitas web internet

  -      Perdagangan dengan sistem pertukaran data terstruktur secara elektronik
  
Kerangka Dasar E-Commerce
        Aplikasi e-commerce disusun berdasarkan infrastruktur teknologi, yaitu kombinasi
        antar komputer, jaringan komunikasi dan software komunikasi.
            Infrastruktur:
                a. Jasa Bisnis umum(proses pembelian dan penjualan).
                b. Distribusi pesan dan informasi(pengiriman dan pengembilan informasi)
                c. Information Superhighway
       
     Jenis-Jenis E-Commerce
  •    Business to Business(B2B)
  •    Business to Customer(B2C) melalu internet
  •    Government to Nation

     B2B : 
- Disebut juga transaksi antar perusahaan
- Transaksinya menggunakan EDI dan Email untuk pembelian barang dan jasa, informasi &  konsultasi
- Digunakan untuk pengiriman dan permintaan proposal bisnis
   
   B2C
-  Disebut dengan transaksi pasar
-  Konsumen mempelajari produk yang ditawarkan melalu publikasi elektronik
-  Membeli dengan electronic cash & sistem secure payment
-  Meminta agar barang dikirimkan

Komponen E-Commerce 

Bagi pengelola bisnis :
- Perusahaan dapat menjangkau pelanggan diseluruh dunia efisiensi, tanpa kesalahan dan tepat waktu

Bagi Konsumen :
- Harga lebih murah, belanja cukup pada satu tempat

Kelebihan E-Commerce
- Otomatisasi, menggantikan proses manual
- Integrasi, meningkatkan efisiensi & efektifitas proses
- Publikasi, memberikan jasa promosi & komunikasi atas produk & jasa yang dipasarkan
- Interaksi, pertukaran data/informasi antar berbagai pihak yang akan meminimalkan "human error"
- Transaksi, kesepakatan antara dua pihak untuk melakukan transaksi yang melibatkan institusi lain.

No comments:

Post a Comment

Apa itu E-Commerce