E - Commerce
Definisi Electronic Commerce (E-Commerce):
- E-commerce merupakan suatu tindakan melakukan transaksi bisnis secara elektronik dengan menggunakan internet sebagai media komunikasi yang paling utama (Robert E .Johnson)
- E-commerce berhubungan dengan p’jualan, p’iklanan, pemesanan produk yang semuanya dikerjakan melalui internet. (Gary Coulter & John Buddemeir)
- Kemampuan untuk melakukan bisnis secara elektronik melalui komputer, Fax, telepon dsb. (Donna Perry)
Ruang Lingkup E-Commerce
- Electronic Business, merupakan lingkup aktifitas perdagangan secara elektronik dalam arti luas
- Electronic Commerce, merupakan perdagangan yang dilakukan secara elektronik, mencakup :
-
Perdagangan dengan fasilitas web internet
-
Perdagangan dengan sistem pertukaran data terstruktur secara
elektronik
Kerangka Dasar E-Commerce
Aplikasi e-commerce disusun berdasarkan infrastruktur
teknologi, yaitu kombinasi
antar komputer, jaringan komunikasi dan software
komunikasi.
Infrastruktur:
a. Jasa Bisnis umum(proses pembelian dan penjualan).b. Distribusi pesan dan informasi(pengiriman dan pengembilan informasi)
c. Information Superhighway
Jenis-Jenis E-Commerce
- Business to Business(B2B)
- Business to Customer(B2C) melalu internet
- Government to Nation
B2B :
- Disebut juga transaksi antar perusahaan
- Transaksinya menggunakan EDI dan Email untuk pembelian barang dan jasa, informasi & konsultasi
- Digunakan untuk pengiriman dan permintaan proposal bisnis
B2C
- Disebut dengan transaksi pasar
- Konsumen mempelajari produk yang ditawarkan melalu publikasi elektronik
- Membeli dengan electronic cash & sistem secure payment
- Meminta agar barang dikirimkan
Komponen E-Commerce
Bagi pengelola bisnis :
- Perusahaan dapat menjangkau pelanggan diseluruh dunia efisiensi, tanpa kesalahan dan tepat waktu
Bagi Konsumen :
- Harga lebih murah, belanja cukup pada satu tempat
Kelebihan E-Commerce
- Otomatisasi, menggantikan proses manual
- Integrasi, meningkatkan efisiensi & efektifitas proses
- Publikasi, memberikan jasa promosi & komunikasi atas produk & jasa yang dipasarkan
- Interaksi, pertukaran data/informasi antar berbagai pihak yang akan meminimalkan "human error"
- Transaksi, kesepakatan antara dua pihak untuk melakukan transaksi yang melibatkan institusi lain.
No comments:
Post a Comment